TRENDnet TEW-638APB Access Point Draft N Berukuran Kecil dan Ringkas

Senin, 25 Mei 2009




Dengan ukurannya yang sangat kecil, access point ini sangat irit tempat. Bahkan untuk semakin menghemat ruang, TRENDnet TEW-638APB ini dapat diposisikan tegak menggunakan tatakan/wadah yang telah disediakan.

Casing access point ini berwarna hitam. Di bagian kanan terdapat deretan lampu-lampu LED yang berfungsi sebagai indikator aktivitas access point tersebut. Lampu LED terdiri dari indikator sinyal, WPS, jaringan LAN, dan daya (power). Sementara itu, di sebelah kirinya terdapat sebuah konektor RJ45 dan konektor untuk power adapter.

TRENDnet TEW638ABP tidak hanya berfungsi sebagai access point, namun dapat juga difungsikan sebagai repeater atau penguat sinyal dari access point lain. Selain itu, tersedia fitur untuk mengatur sensitivitas transmisi sinyal. Tersedia juga fasilitas load balancing yang bermanfaat untuk membatasi jumlah klien yang terhubung agar beban kerja access point tidak melewati kemampuannya.

Soal fitur keamanan, TRENDnet TEW-638ABP dapat diatur untuk menyembunyikan SSID (Service Set Idetifier) atau nama hotspot sehingga tidak dapat dideteksi oleh pihak luar. Selain itu, tersedia fitur untuk menyaring MAC address atau nomor unik kartu jaringan agar hanya nomor-nomor kartu jaringan tertentu yang dapat mengakses jaringan. Untuk fitur enkripsinya, TRENDnet TEW638ABP memberikan pilihan standar WEP, WPA, WPA2, dan WPA2-PSK.

Para pengguna awam tidak perlu kebingungan untuk melakukan konfigurasi pada TRENDnet TEW638APB ini. Pasalnya, tersedia menu wizard yang akan menuntun mereka melakukan pengaturan pada access point ini.

Disediakan opsi auto untuk mengkonfigurasi alamat IP access point ini. Namun ketika kami jalankan opsi tersebut dan menyambungkan klien via kabel LAN, komputer klien tidak dapat terhubung dengan access point ini. Ternyata untuk dapat terhubung dengan access point ini, IP komputer klien harus diatur terlebih dulu, agar sesuai dengan IP milik TRENDnet TEW638ABP. Setelah melakukan konfigurasi singkat pada wizard, pengguna masih dapat melakukan konfigurasi lebih lanjut menggunakan fitur Web management access point ini dengan mengaksesnya melalui browser Web.

Untuk mengetahui kinerja kekuatan sinyal dari TRENDnet TEW638ABP, kami melakukan pengujian dengan bantuan TRENDnet TEW-643PI Wireless N PCI adapter. Software yang digunakan adalah NetIQ Chariot. Hasilnya, cukup memuaskan. Throughput maksimal berada di angka 72,464 Mbps dengan throughput rata-rata sebesar 70,078 Mbps. Cukup tinggi, mengingat TRENDnet TEW638ABP ini berjalan pada modus draft N dan PCI adapter yang kami gunakan juga telah mendukung draft N.

Setelah mengetahui hasil throughput yang diberikan, kami juga melihat response time access point ini. Hasilnya, TRENDnet TEW638ABP memberikan kinerja yang sangat baik dengan response time berada di kisaran 1 detik. Nilai rata-ratanya adalah 1,141 detik dan maksimum 1,254 detik, jauh di bawah 5 detik.

***

Secara keseluruhan, access point TRENDnet TEW638ABP mampu memberikan kinerja yang sangat baik. Throughput dan kecepatan respon yang dimilikinya sangat baik untuk ukuran access point sekecil ini.



Plus : Troughput bagus; response time tinggi; ukuran ringkas.

Minus: Konfigurasi awal agak rumit.



Spesifikasi TRENDnet TEW-638APB

Standar


802.11b, 802.11g, 802.11n

Konektor


1 konektor RJ45 untuk LAN.

Modus operasi


Access point, bridge

Kecepatan transfer data


300 Mbps.

Fitur


· DHCP server.

· MAC address filter.

· WDS (Wireless Distribution System).

· SSID hide.

· Upgrade firmware.

Dimensi


120 X 26 X 88 mm.

Bobot


145 gram.

Kelengkapan


· Power adapter AC/DC 12 Volt, 1 Ampere.

· Kabel RJ 45.

· Buku panduan

Garansi


3 tahun.

Situs web


www.trendnet.com, www.gigantika.com

Kisaran harga


USD 79

Kontak: PT. Gigantika Pratama Prima, telepon (021)65305789.



Skor Penilaian

Fitur : 3,75

Kemudahan : 3

Kinerja : 4

Harga : -

Skor Total : -

0 komentar: